Gambaran Gangguan Emosi Pada Anak Dengan Online Learning Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Novi Asti Wulandari Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran/UIN Alauddin Makassar/Indonesia
  • Trisnawaty Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran/UIN Alauddin Makassar/Indonesia
  • Andi Irhamnia Sakina Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran/UIN Alauddin Makassar/Indonesia

Keywords:

Gangguan emosi anak, Online learning

Abstract

Gangguan emosi anak adalah kondisi perubahan emoslonal anak yang tidak terkontrol dan dapat menjadi patologis. Mewabahnya virus covid-19 menyebabkan perubahan dalam sistem pembelajaran dari luring menjadi daring. Hal ini menyebabkan peningkatan stress pada anak selama masa pandemi. Tujuan : untuk mengetahui gambaran gangguan emosi pada anak dengan online learning selama masa pandemi covid-19. Metodeo: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini diarahkan untuk mendeskripsi atau menguraikan gambaran gangguan emosi pada anak. Hasil : Semua subjek menunjukkan sikap yang aktif. Semua subjek memiliki gejala yang sama, yaitu gelisah dan sakit kepala ketika tugasnya banyak dan menumpuk. Beberapa subjek malas mengerjakan tugas dan lebih sering bermain game, sehingga orang tua perlu menegasi dan mengawasi secara
langsung di samping subjek. Beberapa pula rajin mengerjakan jika tugasnya tidak terlalu banyak. Masalah utama orang tua adalah ketika subjek susah fokus dalam mengerjakan tugasnya. Jika tidak diawasi dengan benar, subjek akan membuka aplikasi lain di HP-nya, bahkan ada subjek yang membagi layar HP-nya menjadi dua, yang satu untuk menonton yang satunya untuk membuka tugas. Kesimpulan : Semua anak tidak memiliki gejala gangguan emosi berat. Menurut para orang tua, anak-anak mengekspresikan sikap dan tindakan yang wajar pada usianya walaupun tingkat stres orang tua juga meningkat, namun orang tua sudah memahami tanggung jawabnya untuk mendidik sang buah hati.

Downloads

Published

2023-10-23