Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Puskesmas Karawaci Baru Kota Tangerang

Authors

  • Endah Handayani Program Studi Keperawatan, STIKES Yatsi Tangerang
  • Ida Faridah Program Studi Keperawatan, STIKES Yatsi Tangerang
  • Lastri Mei Winarni Program Studi Keperawatan, STIKES Yatsi Tangerang

Keywords:

Mutu pelayanan keperawatan; Kepuasan pasien.

Abstract

Latar Belakang : Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan Puskesmas adalah kepuasan pasien. Tujuan : Untuk menganalisa kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan di Puskesmas Karawaci Baru Kota Tangerang. Metode : penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 450 responden dengan sampel 212 responden. Teknik pengambilan sampel memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan peneliti yaitu pasien yang berobat jalan di Puskesmas Karawaci Baru KotaTangerang. Hasil : penelitian didapatkan bahwa nilai mean pada mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien sebasar 0,682 dengan nilai P Value 0,000 dan hasil nilai mean pada dimensi countesy terhadap kepuasan sebesar 0,826 dengan nilai P Value 0,000. Kesimpulam : Ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi countesy paling tinggi yaitu sopan santun, bersikap netral, cendrung membela, menghargai
pasien dan kebaikan pasien. Saran : yang dapat diberikan sebaiknya Puskesmas Karawaci Baru terus meningkatkan mutu pelayanan agar memberikan kepuasan kepada pasien sesuai harapan.

Downloads

Published

2022-09-20